4 Tips Mengatasi Dismenore

4 Tips Mengatasi DismenoreDismenore atau nyeri haid adalah rasa sakit mulai dari ringan sampai berat yang dirasakan setiap kali anda mengalami menstruasi. Rasa sakit yang ditimbulkan dari dismenore akan sangat membuat anda tidak nyaman, tidak hanya nyeri bahkan ada yang mengalami dismenore hingga merasakan keringat dingin sampai tak sadarkan diri atau pingsang.

Ketidaknyamanan dari dismenore tersebut membuat wanita mencari cara agar setiap menstruasi muncul dismenore yang dirasakan tidak terlalu menyakitkan atau bisa dikontrol.

Untuk mengontrol nyeri haid atau dismenore anda bisa melakukan beberapa tips mengatasi dismenore berikut ini:

1. Rajin berolahraga
Saat masa menstruasi biasanya anda lebih suka malas-malasan di tempat tidur sehingga kurang aktivitasnya. Padahal aktivitas yang kurang saat menstruasi akan meningkatkan rasa nyeri haid anda. Maka solusinya yaitu anda harus rajin berolahraga saat menstruasi. Dengan berolahraga anda akan mendapatkan manfaat berupa rasa sakit berkurang dan anda merasa lebih nyaman. Hal ini terjadi karena olahraga saat menstruasi akan membuat peredaran darah anda lancar serta membantu menyeimbangkan kerja postaglandin untuk mengurangi nyeri haid.

2. Kompres air hangat
Saat menstruasi, otot uterus anda akan terus berkontraksi yang juga menyebabkan anda merasa nyeri. Untuk itu anda perlu membuat otot uterus berelaksasi sehingga nyeri haid juga berkurang. Ada cara untuk membuat otot uterus relaksasi yaitu dengan mengompres perut anda menggunakan air hangat. Agar mudah anda bisa memasukkan air hangat ke dalam botol dan tempelkan ke perut.

3. Hindari makanan dan minuman yang memperparah nyeri haid
Ada beberapa makanan dan minuman yang harus anda hindari saat menstruasi agar nyeri haid tidak meningkat. Minuman tersebut seperti alkohol dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, serta soda. Sedangkan untuk makanan yang perlu anda hindari adalah makanan yang berlemak.

4. Cukupi asupan vitamin D
Saat menstruasi anda sebaiknya mengonsumsi vitamin D, karena menurut beberapa penelitian minum vitamin D akan menghambat kerja postaglandin sehingga mengurangi rasa nyeri. Penuhi kebutuhan vitamin harian anda sebanyak 500 sampai 600 mcg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *