5 Tips Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Berat badan setelah melahirkan memang menjadi fokus seorang wanita. Mengingat anda telah mengalami peningkatan berat badan kurang lebih 10 kilogram saat masa kehamilan. Kenaikan berat badan saat hamil memang wajar karena ibu butuh asupan nutrisi lebih untuk menjaga kesehatan anda dan janin. Tapi setelah melahirkan siapa saja pasti ingin berat badannya kembali seperti sebelum hamil agar anda tetap percaya diri dengan penampilan.

Tetapi kenyataannya menurunkan berat badan setelah melahirkan tidak begitu mudah, bagi wanita yang memang secara genetik memiliki tubuh kurus mungkin mudah. Tapi beberapa wanita merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan. Namun anda jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan:

  1. Jangan diet

Mau menurunkan berat badan kenapa tidak boleh diet?. Tentu saja anda tidak boleh diet, anda harus mengingat bahwa setelah melahirkan harus menyusui bayi. Jika anda diet nanti asupan nutrisi untuk bayi anda tidak cukup. Untuk memberikan ASI cukup pada bayi, anda tidak boleh mengurangi asupan kalori 1800 per hari. Selain mengganggu pemberian ASI pada bayi, diet setelah melahirkan justru tidak berefek menurunkan berat badan. Yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda tetap makan setiap merasa lapar dan konsumsi makanan yang seimbang.

 

  1. Pilih nutrisi yang tepat

Agar anda tidak salah makan atau makan makanan yang meningkatkan berat badan, anda harus bisa memilih nutrisi yang tepat saat berusaha menurunkan berat badan setelah melahirkan. Anda boleh makan apa saja, namun pastikan bahwa makanan tersebut rendah kalori dan lemak. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dar ikan-ikanan seperti salmon, dan sarden.

 

  1. Menyusui

Perlu anda ketahui bahwa dengan menyusui setelah melahirkan bisa membantu menurunkan berat badan. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian  di Brazil pada 405 perempuan. Hasilnya dari 405 responden tersebut 20 persennya mengalami penurunan berat badan setiap bulannya 0,44 kg.

 

  1. Banyak minum

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan selama menurunkan berat badan. Banyak minum akan membuat anda kenyang sehingga mengurangi keinginan anda untuk makan berlebihan. Banyak minum air juga akan mencegah anda terkena dehidrasi.

 

  1. Olahraga

Agar tips-tips di atas berhasil, anda juga harus mengimbanginya dengan rajin berolahraga. Minimal lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat atau joging. Yang penting dalam satu minggu, sekali atau dua kali anda tetap berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *