5 Makanan Super Pencegah Kanker Payudara

5 Makanan Super Pencegah Kanker Payudara

Kanker payudara memang menghantui banyak wanita, sebab wanita lebih berisiko untuk terkena kanker payudara. Tanda yang sangat mudah untuk mengetahui apakah anda terkena kanker payudara adalah dengan meraba adanya benjolan pada payudara. Benjolan tersebut dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan dini yang juga dikenal dengan teknik sadari.

Setelah melakukan pengecekan mandiri dengan teknik sadari tentu kita bisa mengetahui apakah kita terkena kanker payudara, namun akan lebih akurat jika disertai pemeriksaan dari dokter. Jika hasil dari pengecekan menyatakan anda tidak memiliki benjolan payudara anda boleh tenang. Meski boleh tenang, anda juga tidak boleh meremehkan kondisi tersebut karena bisa jadi mungkin sekarang tidak ada benjolan, tapi karena gaya hidup kita yang tidak sehat bisa jadi kemudian hari benjolan pada payudara akan muncul. Untuk itu anda perlu menjalankan gaya hidup sehat untuk tetap mencegah terjadinya kanker payudara.

Salah satu gaya hidup sehat yang perlu diperhatikan untuk mencegah kanker payudara yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bisa mencegah kanker payudara. Ya, memang benar ada beberapa makanan yang dikonsumsi bisa mencegah anda terkena kanker payudara karena dalam makanan tersebut mengandung zat-zat yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker pada payudara. Makanan tersebut antara lain:

  1. Brokoli

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan brokoli karena sering dikonsumsi dalam bentuk sup dan lainnya. Ternyata rajin mengonsumsi brokoli juga dapat membantu anda terhindar dari kanker payudara. Itu terjadi karena brokoli mengandung sulforaphane dan indoles yang mampu mengurangi jumlah sel kanker payudara. Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli sebaiknya konsumsi brokoli dalam keadaan mentah seperti dibuat salad atau bisa juga dikukus karena jika di tumis akan merusak kandungan sulforaphane dalam brokoli.

2. Apel

Apakah anda termasuk orang yang suka makan apel tanpa kulit?. Mulai sekarang sebaiknya makan buah apel beserta kulitnya, jika takut kotor sebaiknya cuci dengan bersih sebelum dikonsumsi. Kulit apel dianjurkan untuk tetap dimakan karena justru dalam kulitnya itu mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk pencegahan kanker payudara.

3. Kunyit

Kunyit juga memiliki keajaiban sebagai pencegah kanker payudara. Kunyit berperan sebagai anti-inflamasi pada kanker payudara untuk memperlambat penyebaran kanker dan juga sebagai anti kanker dari kurkumin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, kunyit juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker lambung, paru-paru dan kulit.

4. Salmon

Kandungan omega-3, vitamin B12 dan vitamin D sangat membantu anda untuk mencegah kanker payudara. Omega-3 pada minyak ikan ini mampu menurunkan inflamasi pada kanker payudara dan juga meningkatkan kekebalan tubuh anda.

5. Tomat

Seperti halnya apel, tomat juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mencegah kanker payudara. Selain itu, tomat juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dengan kandungan lycopene didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *