Asi Tak Kunjung Keluar? Ini Solusinya

Asi Tak Kunjung Keluar

Salah satu masalah umum yang terjadi pada ibu post partumĀ (setelah melahirkan) adalah ketidakcukupan produksi ASI atau ASI tak kunjung keluar. Akibatnya bayi terus menerus menangis karena lapar terlalu lama menunggu ASI yang belum keluar.

Ada beberapa alasan mengapa ASI tak kunjung keluar meski sudah 2 atau 3 hari setelah melahirkan, salah satunya bisa jadi karena kurangnya waktu bayi untuk menghisap puting ibu karena bayi dirawat di ruang terpisah karena kondisi tertentu. Padahal seringnya bayi menghisap puting ibu, akan sangat membantu untuk merangsang hormon oksitosin yang memperlancar aliran ASI. Karena ASI akan lancar jika ada peningkatan hormon oksitosin.

Jika anda termasuk mengalami masalah ketidakcukupan ASI atau ASI tak kunjung keluar, anda jangan khawatir. Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk menstimulasi pengeluaran ASI antara lain:

  1. Jangan panik

Saat ASI tak keluar biasanya bayi akan semakin rewel karena lapar. Hal itu yang terkadang membuat anda panik. Tetapi seharusnya anda jangan panik. Sebaiknya anda tarik nafas dan tenangkan diri. Jika anda menghadapinya dengan tenang maka akan membantu merangsang hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

2. Hypnobreastfeeding

Hypnobreastfeeding adalah terapi untuk mengeluarkan ASI dengan cara memberikan kalimat motivasi kedalam alam bawah sadar anda. Anda bisa membayangkan atau memberi kata motivasi ke alam bawah sadar anda misalnya “ASI anda pasti akan keluar banyak”. Dengan kalimat tersebut akan membantu tubuh untuk menstimulasi pengeluaran ASI.

3. Teknik pernafasan

Teknik pernafasan atau lebih dikenal dengan teknik nafas dalam juga dapat membantu untuk menstimulasi pengeluaran ASI. Hal ini terjadi karena dengan teknik pernafasan akan membuat anda lebih rileks. Tubuh yang rileks akan lebih mudah meningkatkan oksitosin dan pengeluaran ASI.

4. Pijat

Ada beberapa pijat yang secara medis dapat membantu memperlancar pengeluaran ASI. Pijat tersebut yaitu pijat payudara dan oksitosin. Pijat payudara atau breast care akan membantu memperlancar ASI yang terbendung dan pijag oksitosin akan membantu meningkatkan produksi oksitosin yang baik untuk pengeluaran ASI. Pijat ini sebaiknya dilakukan dengan suami atau keluarga. Selain lebih mudah, pijat yang dibantu oleh suami akan dampaknya akan lebih besar terhadap peningkatan oksitosin.

5. Kompres air hangat

Salah satu faktor penyebab ASI sulit keluar adalah adanya pembendungan ASI di payudara atau bengkak. Masalah ini bisa anda atasi dengan mengompres payudara menggunakan air hangat. Dengan kompres hangat akan membantu membuka pori-pori dan juga memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar juga membantu menstimulasi produksi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *