Ciri-ciri dan Pengobatan Pada Kanker Payudara

Ciri-ciri dan Pengobatan Pada Kanker PayudaraMeski sudah melakukan pencegahan, tidak semua penyakit dapat dihindari termasuk kanker payudara. Kanker payudara yang sudah berhasil menyerang anda, bisa dilihat dari ciri-ciri yang tampak pada payudara anda.

Berikut ciri-ciri pada wanita yang telah mengalami kanker payudara:

• Ada benjolan dan payudara terasa keras dengan batas yang tidak jelas serta permukaan payudara tidak rata
• Setelah anda mengalami menstruasi benjolan akan tetap ada lebih dari 8 sampai 10 hari setelah menstruasi
• Puting susu tertarik ke dalam
• Ada perubahan ukuran dan bentuk payudara
• Payudara terasa sakit dalam waktu lama atau tidak hilang rasa nyerinya.
• Puting bengkak dan memerah
• Keluar cairan abnormal dari puting, misalnya cokelat atau kuning
• Setelah terkena kanker payudara bisa saja terjadi pembesaran kelenjar getah bening sehingga di sekitar ketiak terjadi pembengkakan
• Urat-urat di bagian payudara terlihat jelas
• Jika kanker payudara yang anda alami sudah masuk stadium lanjut, kulit payudara akan terlihat seperti kulit jeruk.

Setelah mengetahui ciri-ciri kanker payudara, tentu anda ingin mengetahui pengobatan apa yang bisa dilakukan agar kanker payudara bisa sembuh. Bagi penderita kanker payudara, setelah mengalami tanda atau ciri-ciri kanker payudara sebaiknya secepat mungkin pergi ke dokter agar peluang untuk sembuh lebih tinggi. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan kriteria seperti tipe kanker payudara yang diderita, stadium kanker payudara, ukuran kanker payudara, sensitivitas sel kanker terhadap hormon, dan kondisi umum kesehatan anda. Setelah mengetahui kriteria anda, selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan pengobatan yang sesuai dengan keadaan anda.

Pengobatan pada kanker payudara antara lain:

1. Tindakan pembedahan
Tindakan pembedahan pada kanker payudara ada 3 macam bergantung pada keparahan dari penyebaran sel kanker antara lain bedah konservatif, mastektomi total dan modified radical mastectomy.

2. Kemoterapi
Selain dengan pembedahan, ada juga pengobatan kemoterapi yaitu pengobatan kanker payudara dengan obat-obatan yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Terapi ini bisa dilakukan sebelum terapi pembedahan atau setelah pembedahan.

3. Terapi radiasi
Jika anda menggunakan terapi radiasi untuk pengobatan kanker payudara maka anda akan diobati menggunakan sinar x bertenaga tinggi. Tujuan terapi radiasi untuk membunuh atau menghambat sel kanker.

4. Terapi hormon
Jika anda termasuk yang memiliki sensitivitas hormon, maka dokter menganjurkan anda menggunakan terapi hormon sebagai pengobatan kanker payudara. Terapi hormon bertujuan untuk menghambat kerja hormon dan mencegah perkembangan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *