Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Menstruasi

Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Menstruasi

Pada siklus normal, setidaknya wanita akan mengalami menstruasi satu kali dalam sebulan. Menstruasi adalah proses meluruhnya darah dari organ reproduksi wanita akibat sel telur tidak dibuahi. Meski dialami secara rutin, menstruasi bukan hal yang biasa bagi wanita karena efeknya yang bisa sangat tidak nyaman seperti perut terasa sakit, kram dan lain sebagainya.

Perut terasa sakit dan berbagai keluhan tidak nyaman saat menstruasi terjadi karena saat itu hormon progesteron mengalami penurunan. Selain sakit perut wanita juga mudah marah saat menstruasi. Seringnya muncul rasa marah saat menstruasi bahkan sampai memunculkan mitos untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu kemarahan saat menstruasi. Lalu benarkah mitos tersebut?.

Terlepas dari berbagai mitos tentang menstruasi, memang sebenarnya dalam dunia kesehatan ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan selama mentruasi. Hal-hal itu meliputi :

1. Berdiam diri

Anjuran untuk tidak melakukan aktivitas tertentu bukan berarti bahwa berdiam diri itu lebih baik. Justru saat menstruasi anda tidak boleh hanya berdiam diri karena akan meningkatkan rasa sakit perut dan gejala menstruasi lainnya. Anda sebaiknya bergerak seperti olahraga ringan yang dapat rasa sakit tersebut.

2. Mengonsumsi makanan tinggi garam

Tidak hanya penderita hipertensi saja yang tidak boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi garam. Wanita yang sedang menstruasi juga tidak boleh makan makanan dengan garam tinggi karena membuat perut anda kembung.

3. Minum kopi dan produk susu

Larangan untuk tidak minum atau makanan dari produk susu saat menstruasi yaitu karena dapat membuat perut kembung dan memperparah kram yang anda rasakan saat menstruasi. Sedangkan kopi mengandung kafein yang dapat mengacaukan hormon dalam tubuh anda.

4. Memakai pembalut seharian penuh

Ada beberapa wanita yang tidak rajin mengganti pembalut selama seharian penuh karena lupa, malas dan lain sebagainya. Padahal tidak rajin mengganti pembalut berbahaya yaitu dapat menyebabkan bakteri menyerang anda. Oleh karena itu hentikan kebiasaan ini saat menstruasi. Sebaiknya ganti pembalut sekitar empat jam sekali dalam sehari. Apalagi saat darah yang dikeluarkan banyak.

5. Menonton film yang memicu emosi

Saat menstruasi wanita mudah sekali mengalami perubahan mood karena adanya penurunan hormon estrogen dan progesteron. Yang paling sering adalah mudah marah. Untuk menghindarinya anda jangan menonton film yang memicu emosi saat menstruasi agar tidak mudah mengalami perubahan emosi atau mood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *