Mengenal Diabetes Mellitus Gestasional

Mengenal Diabetes Mellitus Gestasional

Semua orang pasti sudah mengetahui penyakit diabetes mellitus karena di Indonesia penyakit diabetes mellitus ini memiliki cukup banyak penderita. Namun, tahukah anda jika diabetes mellitus ini bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Sama seperti pada diabetes mellitus lainnya yaitu anda akan mengalami kenaikan gula darah dalam darah, bedanya diabetes mellitus pada ibu hamil hanya terjadi saat seorang wanita sedang hamil dan memiliki gula darah yang tinggi sehingga tipe diabetes mellitus ini dikenal dengan sebutan diabetes mellitus gestasional.

Bagaimana bisa wanita hamil mengalami diabetes mellitus gestasional?. Seperti yang kita ketahui bahwa saat hamil ibu bisa saja mengalami komplikasi seperti mengalami preeklamsia, dan eklamsi. Maka begitu juga dengan resiko terkena diabetes mellitus gestasional karena pengaruh dari perubahan fisiologis saat hamil.

Saat hamil, plasenta menghasilkan hormon tingkat tinggi yang dapat mencegah aksi insulin dalam tubuh anda sehingga ini bisa menjadi kemungkinan membuat gula darah anda meningkat karena para peneliti sebenarnya belum mengetahui penyebab pasti dari diabetes mellitus gestasional. Meski penyebabnya belum diketahui dengan  pasti, berikut ada beberapa faktor risiko tinggi yang membuat anda mengalami diabetes mellitus gestasional:

  1. Usia

Usia ibu hamil yang berisiko tinggi mengalami diabetes mellitus gestasional yaitu wanita yang hamil saat usianya sudah lebih dari 30 tahun.

2. Adanya Riwayat diabetes mellitus pada keluarga

Riwayat diabetes mellitus juga perlu anda ketahui baik pada anggota keluarga atau anda sendiri karena ini berpengaruh pada risiko diabetes mellitus gestasional. Pada ibu hamil dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat diabetes mellitus, ibu yang mengalami diabetes mellitus pada kehamilan sebelumnya,  dan melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4000 gram akan lebih berisiko mengalami diabetes mellitus gestasional.

3. Adanya glukosuria

Glukosaria adalah keadaan dimana urin anda mengandung glukosa yang normalnya seharusnya urin tidak mengandung glukosa karena sudah diserap oleh ginjal yang kemudian dikembalikan lagi ke sirkulasi darah setelah di filtrasi. Oleh karena jaga kesehatan anda saat hamil agar tidak terkena glukosuria yang membuat anda berisiko terkena diabetes mellitus gestasional.

Tiga faktor di atas adalah yang membuat anda lebih berisiko terkena diabetes mellitus gestasional. Sedangkan untuk tanda atau manifestasi klinis diabetes mellitus gestasional sebenarnya sama dengan diabetes tipe lainnya dengan tambahan kondisi tertentu seperti:

  • Poliuri atau anda sering mengalami dorongan untuk buang air kecil
  • Poliphagi atau ibu banyak makan atau sering makan
  • Polidipsi yaitu ibu akan mudah haus sehingga sering minum
  • Adanya penurunan berat badan
  • Kesemutan
  • Gatal
  • Pandangan kabur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *