Mengenal Kanker Ovarium

Mengenal Kanker Ovarium
Apa itu kanker ovarium?. Dibandingkan dengan jenis kanker pada organ lain seperti kanker payudara, mungkin kanker ovarium masih terdengar asing di telinga anda. Kanker ovarium adalah suatu penyakit kanker yang sebenarnya mirip dengan kanker yang lainnya yaitu terjadi pertumbuhan sel yang abnormal, bedanya kanker ovarium terjadi pada satu atau kedua bagian indung telur wanita.

Meski jarang terdengar, kanker ovarium juga bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu anda harus berhati-hati. Seorang wanita bisa terkena kanker ovarium jika mengalami beberapa faktor resiko seperti adanya riwayat keluarga yang memiliki penyakit kanker ovarium, kanker payudara, kanker kolon dan kanker endometrial. Faktor lainnya seperti usia 50-70 tahun, nullipara (tidak punya anak), memiliki anak saat usia di atas 35 tahun, membawa mutasi gen BRCA1 atau BRCA2, dan sindroma herediter kanker kolorektal nonpolipoid.

Jika anda memiliki faktor risiko seperti di atas, anda perlu memastikan apakah anda menderita kanker ovarium atau tidak. Cara awal untuk mengetahui kanker ovarium yaitu dengan memastikan apakah ada tanda dan gejala yang anda rasakan sesuai dengan tanda dan gejala kanker ovarium. Tanda dan gejala kanker ovarium antara lain:

1. Terjadi pembesaran abdomen akibat penumpukan cairan dalam rongga abdomen (ascites)
2. Adanya gangguan pada sistem gastrointestinal seperti konstipasi, mual, rasa penuh pada perut, dan hilangnya nafsu makan
3. Gangguan sistem urinaria seperti inkontenensia urin
4. Perasaan tidak nyaman pada rongga abdomen dan pelvis
5. Menstruasi tidak teratur
6. Lelah
7. Keluarnya cairan abnormal dari vagina
8. Nyeri saat berhubungan seksual
9. Penurunan berat badan
10. Nyeri abdomen

Saat tanda dan gejala kanker ovarium sudah anda rasakan, sebaiknya anda periksa ke dokter. Semakin awal pergi ke dokter anda juga akan semakin cepat mengetahui keparahan kanker ovarium yang anda rasakan. Karena semakin parah akan semakin sulit disembuhkan. Derajat keparahan kanker biasanya sering disebut dengan stadium. Untuk stadium kanker ovarium menurut International Federation of Gynecology and Obstetrics ada 4 yaitu:

1. Stadium I : tumor sudah berada di ovarium
2. Stadium II : tumor tumbuh hanya pada satu atau kedua ovarium serta lapisan pelvis
3. Stadium III : tumor telah menyebar ke permukaan perut di luar lapisan pelvis
4. Stadium IV : kanker telah menyebar ke organ-organ lain seperti paru-paru dan hati.

Itulah penjelasan mengenai kanker ovarium. Meski anda tidak memiliki faktor resiko kanker ovarium, mengenal kanker ovarium seperti tanda dan gejalanya akan membantu anda dalam melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *