Menstruasi Terlalu Lama, Normal Atau Tidak?

Menstruasi terlalu lama

Setiap satu bulan sekali, wanita akan mengalami siklus rutin yang disebut dengan menstruasi atau haid. Menstruasi terjadi pada wanita dari masa pubertas hingga nanti mengalami menopause atau tidak menstruasi lagi. Saat mentruasi akan terjadi peluruhan sel telur yang tidak dibuahi, sehingga alat reproduksi akan mengeluarkan darah normalnya 30 sampai 40 ml atau tidak lebih dari 60 sampai 80 ml, dan berlangsung selama 2-7 hari atau tidak lebih dari 14-15 hari.

Memang menstruasi normalnya terjadi selama kurang lebih 15 hari. Tetapi pada beberapa wanita ada yang mengalami haid lebih dari 15 hari. Dan kasus ini umumnya terjadi pada remaja. Menurut dunia medis merupakan hal normal jika terjadi menstruasi berkepanjangan pada remaja jika disebabkan karena produksi hormon yang masih belum stabil pada remaja. Namun bisa juga berbahaya jika ternyata menstruasi terlalu lama tersebut dikarenakan adanya kelainan atau penyakit tertentu.

Oleh karena itu agar anda mengetahui secara pasti terjadinya menstruasi terlalu lama pada remaja normal atau tidak, berikut akan dijelaskan beberapa penyebabnya :

  1. Ketidakstabilan hormon

Seperti yang kita ketahui bahwa pada masa pubertas remaja wanita akan mengalami produksi hormon yang tidak stabil. Hal itu menyebabkan hormon seperti estrogen dan progesteron tidak seimbang sehingga menstruasi bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama.

2. Adanya polip pada rahim

Menstruasi yang terlalu lama bisa berbahaya jika penyebabnya karena ada kelainan dalam tubuh seperti adanya polip atau pertumbuhan jarngan pada rahim. Kenapa polip pada rahim menyebabkan menstruasi yang lama?` Itu bisa terjadi karena adanya polip dapat menyebabkan perdarahan yang cukup banyak, sehingga mempengaruhi lamanya menstruasi anda.

3. Perdarahan pada rahim yang abnormal

Perdarahan pada rahim salah satu penyebabnya memang ada polip atau jaringan tumbuh pada rahim. Tapi perdarahan abnormal pada rahim ini berbeda, biasanya akan disertai gumpalan darah pada pembalut yang anda gunakan. Jika ini terjadi pada anda maka segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

4. Penggunaan kontrasepsi

Mentruasi yang terlalu lama umumnya memang terjadi pada remaja wanita, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada wanita dewasa. Pada wanita dewasa, mentruasi berkepanjangan bisa disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi khususnya yang hormonal. Bukan hanya mempengaruhi durasinya, penggunaan kontrasepsi hormonal juga menyebabkan jumlah darah yang keluar saat menstruasi.

Itulah beberapa penyebab menstruasi yang berkepanjangan. Jika anda mengalami salah satu ciri penyebab di atas, maka sebaiknya segera datang ke dokter sehingga anda lebih cepat mengetahui apakah normal atau tidak mentruasi yang anda alami dan juga mendapatkan pengobatan yang lebih cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *