Normalkah Makan Banyak Sebelum Menstruasi?

Normalkah Makan Banyak Sebelum Menstruasi
Wanita itu sangat unik, apalagi saat hendak menstruasi. Mereka bisa berubah drastis dibandingkan saat tidak menstruasi. Wanita yang akan menstruasi biasanya mudah marah, dan lain sebagainya tergantung pada keadaan fisiologi masing-masing individu.

Ada juga yang menjadi makannya banyak sebelum menstruasi datang. Apakah anda termasuk dalam kelompok ini?, Lalu normalkah wanita yang mengalami perubahan nafsu makan sebelum menstruasi?.

Sebenarnya perubahan nafsu makan yang meningkat sebelum menstruasi itu normal saja. Sebab saat itu terjadi peningkatan produksi hormon progesteron dan estrogen yang sebentar lagi akan turun ketika menstruasi terjadi. Jika kedua hormon tersebut naik, maka keinginan makan anda juga akan meningkat.

Peningkatan nafsu makan ini ternyata juga berkaitan dengan perasaan mudah marah sebelum menstruasi. Keterkaitannya yaitu karena anda merasa marah, maka otak akan meningkatkan dopamine. Untuk meningkatkan dopamine sesuai kebutuhan untuk memperbaiki mood anda dari marah menjadi tenang, otak membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Oleh karena itu anda makan banyak sebelum mengalami menstruasi.

Jika nafsu makan meningkat sebelum menstruasi merupakan hal normal, anda tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan. Makan makanan sembarangan sebelum menstruasi akan mepengaruhi keadaan anda nanti saat menstruasi benar-benar tiba. Sebaiknya konsumsi makanan yang memang aman dan sehat bagi anda seperti daging, ikan, sayur dan buah. Makanan tersebut dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh anda selama menstruasi.

Meski hal yang normal, ada beberapa wanita yang takut dan mengeluh karena peningkatan nafsu makan sebelum menstruasi membuatnya makan banyak dan akhirnya kelebihan berat badan. Memang benar jika makan terlalu banyak bisa menambah berat badan, tapi membatasi atau mengurangi konsumsi makanan saat menstruasi juga tidak sepenuhnya baik.

Ada tips yang bisa anda lakukan agar tetap makan tapi tidak gemuk setelah menstruasi, yaitu:

1. Tahan beberapa menit rasa lapar

Peningkatan nafsu makan sebelum menstruasi bisa anda kendalikan dengan menahannya beberapa menit. Misalnya saat anda merasa lapar, jangan makan dan tunggu selama 20 menit. Jika rasa lapar hilang, anda bisa melanjutkan aktivitas lain. Tapi jika masih lapar maka tetap makan tapi dalam porsi wajar dan pastikan konsumsi makanan yang sehat.

2. Hindari makanan yang mengandung estrogen

Selain menahan lapar, anda juga harus menghindari makanan yang mengandung estrogen karena estrogen yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu pertumbuhan kanker. Bukan hanya gemuk, tapi setelah menstruasi anda bisa saja terkena kanker payudara atau kanker rahim. Selain makanan yang mengandung estrogen, anda juga perlu menghindari makanan karbohidrat olahan seperti roti dan biskuit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *