“SADARI” 6 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Wanita

Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Wanita

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi dengan adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal pada payudara. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya benjolan atau massa dan bisa terbentuk pada jaringan lemak di dalam payudara, kelenjar susu (lobulus), ataupun di saluran susu (duktus) . Berbeda dengan tumor, sel-sel yang abnormal pada kanker payudara biasanya sudah bersifat ganas karena bisa menyebar kebagian tubuh lain seperti kelenjar getih bening dan lainnya.

Pada umumnya kanker payudara lebih banyak dialami oleh wanita, meskipun sebenarnya pria memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit ini. Risiko yang lebih besar pada wanita tersebut membuat wanita khawatir terkena penyakit yang satu ini. Kanker payudara memang mengkhawatirkan sebab termasuk dalam penyakit yang mematikan. Mematikan karena biasanya terdeteksi ketika sudah masuk stadium akhir, sehingga beberapa orang yang menderita kanker payudara sulit diselamatkan dan akhirnya meninggal.

Sebenarnya ada cara agar anda tidak terkena kanker payudara yaitu dengan melakukan deteksi dini. Mendeteksi dini kanker payudara akan membantu anda mengetahui dari awal, karena semakin awal kanker payudara diketahui maka akan mempermudah pengobatan sehingga kemungkinan sembuh juga lebih tinggi.

Di Indonesia kita sering mendengar cara untuk mendeteksi dini kanker payudara yang dikenal dengan sebutan “Teknik SADARI”. Sadari terdiri dari beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Berdiri di depan cermin dan amati bentuk payudara.

Mulai pemeriksaan sadari dengan berdiri di depan cermin sehingga anda dapat dengan mudah melihat payudara yang akan diperiksa. Setelah itu, pastikan anda sudah berdiri dengan bahu yang lurus sejajar dan letakkan tangan di pinggang. Saat berdiri di depan cermin, yang harus anda lakukan adalah mengamati bentuk, ukuran dan warna dari payudara. Bila menunjukkan kelainan akan ditandai dengan benjolan, posisi puting tidak normal, kerutan atau lekukan, bisa juga disertai dengan nyeri.

2. Angkat kedua lengan

Langkah kedua yang anda lakukan yaitu tetap berdiri di depan cermin dan angkat kedua lengan ke atas, bukan ke depan badan anda. Gerakan mengangkat tangan ini bertujuan untuk melihat apakah payudara terangkat secara bersamaan atau sejajar.

3. Rasakan benjolan dengan teknik tekan menggunakan ujung jari

Teknik menekan ini dilakukan dengan menekan payudara menggunakan ujung jari. Lakukan dengan cara melingkar dari atas ke bawah payudara, dilanjutkan dengan arah dari tengah ke samping, sampai ke area ketiak. Jangan lupa untuk melakukan teknik ini pada kedua payudara.

4. Raba payudara dengan pola melingkar

Langkah keempat ini sebenarnya sama dengan teknik menekan namun menggunakan pola melingkar untuk mengetahui adanya benjolan.

5. Gerakan memeras puting secara perlahan

Memeras puting dilakukan untuk mengetahui apakah ada cairan abnormal yang keluar dari payudara anda. Anda cukup peras puting secara perlahan. Kelainan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih atau kekuningan, dan bisa juga darah.

6. Periksa payudara dengan berbaring

Langkah yang terakhir yaitu memeriksa payudara dengan posisi berbaring. Pada posisi berbaring, anda bisa melakukan pemeriksaan yang dilakukan sama seperti saat berdiri. Yang diperlukan pada posisi berbaring ini anda harus mengganjal sisi payudara yang akan diperiksa dengan bantal, taruh tangan di belakang kepala, lalu lanjutkan pemeriksaan dengan ujung jari tangan yang berlawanan dengan sisi payudara yang akan diperiksa.

Untuk melakukan 6 langkah sadari atau deteksi dini kanker payudara di atas, sebaiknya dilakukan pada 5 sampai 6 hari setelah mengalami menstruasi bagi wanita usia subur. Sedangkan bagi wanita yang sudah dalam masa menopause bisa dilakukan di awal dan akhir bulan secara rutin. Jika muncul tanda atau kelainan yang disebutkan di atas, maka secepatnya periksakan ke dokter sehingga pengobatan bisa dilakukan dengan baik dan tingkat kesembuhan anda akan lebih tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *